Ini Dia Perbedaan Hard Reset dan Factory Reset Android

Baik teman-teman sekalian kali ini saya ingin melanjutkan tulisan saya yang kemaren yaitu tentang tutorial bagaimana cara hard reset pada android lenovo a6000, dalam tulisan tersebut ada penjelasan bagaimana caranya hard reset dan factory reset.

Ini Dia Perbedaan Hard Reset dan Factory Reset Android
Nah untuk kali ini pembahan kita adalah mengetahui apa beda hard reset dengan factory reset ?, bagi kalian yang sudah terbiasa atau sudah sering dalam oprak-oprek android tentunya sudah mengetahui apa sebernarnya hard reset dan factory reset itu.

Akan tetapi berbeda dengan orang atau siapa saja yang belum sama sekali terjun dalam dunia nguprak-uprek android, terkadang mereka menganggap bahwa hard reset dan factory reset memiliki pengertian yang sama atau tidak ada perbedaan antara keduanya. dan bukan berarti pendapat seperti itu buka berarti salah atau tidak sepenuhnya salah, hanya saja pendapat itu kurang tepat.

Berhubungan dengan itu mari kita sama-sama pelajari mengenai hard reset dan factory reset, dibawah ini akan saya jelaskan sesimpel mungkin agar teman-teman paham dengan istilah tersebut.

Berikut beda hard reset sama factory reset :

Factory reset

Factory reset adalah mengembalikan posisi smartphone ke setingan pabrik (sama seperti saat pertama kali kamu beli smartphone baru) tanpa menggunakan kombinasi tombol. Biasanya ini dilakukan dengan cara : masuk ke menu Setting – Backup & reset – Factory data reset – Reset phone – Erase everything.

Dengan memilih Erase everything, secara otomatis data yang ada di smartphone Android akan terhapus, termasuk aplikasi pihak ketiga yang diinstall melalui play store atau file APK-nya.

Memahami pengertian factory reset diatas, bisa diartikan bahwa factory reset ini dilakukan ketika kita masih memiliki kesempatan untuk mengoperasikan smartphone tersebut. (tidak dalam keadaan bootloop, atau eror “Sayang, blablabla telah berhenti” yang selalu muncul). Untuk itu, penting melakukan backup data Android sebelum melakukan factory reset.


Ini Dia Perbedaan Hard Reset dan Factory Reset Android

Hard reset

Hard reset adalah mengembalikan posisi smartphone ke setingan pabrik, sama seperti di atas. Hanya saja hal ini dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol. Sedangkan kombinasi tombol hard reset untuk smartphone Android ini berbeda-beda tergantung tipe dan mereknya. Biasanya, kombinasi tombol hard reset itu adalah tombol power dan volume bawah, ada juga dengan tombol atas, ada pula yang dengan kombinasi ketiga tombol tersebut. Selain itu, ada juga yang menggunakan kombinasi tombol home, jadi yang ditekan dan tahan secara bersamaan adalah tombol power, tombol home, dan volume atas, seperti cara hard reset pada android lenovo a6000.

Dengan melakukan hard reset, otomatis semua data akan hilang sama seperti factory reset di atas. Hanya saja, biasanya hard reset dilakukan jika kita tidak bisa menempuh jalan dengan factory reset. Misalnya posisi smratphone Android yang terkunci dengan pola atau lupa kata sandi, bootloop dan lain sebagainya.

Kesimpulan: Hard reset dan factory reset memiliki kesamaan dalam segi mengembalikan smartphone ke setingan pabrik, hanya saja cara atau metode yang digunakan berbeda, Masing-masing dari keduanya tentu mempunyai plus minusnya. Akan lebih menguntungkan buta kita jika mengetahui cara atau metode dari keduanya.

Demikian ulasan singkat mengenai Perbedaan Hard Reset dan Factory Reset Android, semoga bermanfaat bagi kalian semua yang senang mengoprek android.

Subscribe Untuk Menerima Email Postingan Terbaru :

0 Response to "Ini Dia Perbedaan Hard Reset dan Factory Reset Android"

Posting Komentar